Cinta Anne Avantie di Pasar Tiban #10

Saya memang tidak termasuk pengamat fashion,  apalagi fashion addict.  Jadi wajar banget rasanya kalau saya tidak terlalu tahu banyak tentang trend fashion terkini maupun nama-nama disainer kondang kecuali satu nama ini.  Adalah Anne Avantie,  yang entah kenapa begitu lekat di pikiran saya tiap ada yang menyebut kebaya modern.

Sepertinya beliau memang terlahir untuk dikenal oleh semua kalangan,  tidak hanya di dunia fashion saja. Kira-kira apa saja ya yang bisa membuat bunda Anne begitu eksis dan seolah tanpa hambatan bisa mudah diingat oleh banyak orang?
Pasar Tiban by Anne Avantie
Bahagia banget rasanya saat saya kebagian undangan melalui Kak Ery untuk menghadiri pembukaan Pasar Tiban by Anne Avantie. Padahal undangannya terbatas untuk beberapa blogger saja. Gaung tentang Pasar Tiban ini sebenarnya sudah saya dengar jauh-jauh hari sebelumnya. Hanya saja saya belum ada gambaran sama sekali seperti apa wujudnya pasar tiban ini sampai akhirnya saya benar-benar menghadiri pembukaannya dan bertemu langsung dengan Bunda Anne Avantie. 
Sosok Inspiratif yang begitu terasa aura positifnya saat kita berada di dekat beliau
Tadinya saya penasaran,  Tiban itu artinya apa sih?  Ternyata Tiban berasal dari kata ‘ketiban’ atau dadakan/tiba-tiba. Jadi Pasar Tiban adalah pasar yang digelar secara dadakan dan berpindah-pindah tempat. Nah,  Makassar ini adalah lokasi ke 10 dan merupakan kota pertama di luar Jawa yang dipilih oleh Bunda Anne untuk menggelar Pasar Tiban dari tanggal 15 September sampai 24 September 2017 di Trans Studio Mall.

Pic by @ungatawwa

Koleksi atasan batik
Buat bocah juga ada lho
Berpose dulu on stage.. Hihi

Bunda Anne memilih Makassar karena ingin memajukan usaha UMKM di luar pulau jawa. Setelah berkaya selama 28 tahun,  ini kali pertama Bunda Anne menginjak kota Makassar lho.

Bloger Makassar disambut hangat oleh bunda Anne 🙂

Dalam rangkaian Pasar Tiban ini,  bunda Anne tidak hanya memikirkan tentang bisnis. Ada banyak kegiatan positif lain yang sangat bermanfaat bagi para pengunjung dan penikmat karya beliau di Makassar. Ada kegiatan sosial berbagi kursi roda, berbagai workshop,  dan yang paling saya tunggu-tunggu adalah Pergelaran Tunggal bunda Anne dengan tajuk Inspirasi Karya dan Cinta.

Rangkaian acara selama Oasar Tiban berlangsung

Berbagi Kasih Bagi Penyandang Disabilitas
Bisa dibilang,  bunda Anne salah satu disainer yang memiliki jiwa sosial tinggi. Selain berita tentang karyanya,  saya juga sering mendengar dan membaca berita mengenai kepedulian beliau terhadap kaum papa atau mereka yang membutuhkan. Tidak heran,  bunda Anne bisa dengan mudah diingat semua kalangan ya.
Pada tanggal 17 September bersama Sequis peduli, Bunda Anne membagikan 100 kursi roda,  tongkat tuna netra,  dan 25 laptop bagi tuna netra,  tuna rungu,  dan penderita kusta.

Para penerima bantuan kursi roda kasih *pic by evhy

Kegiatan sosial ini sudah diselenggarakan sebanyak 3 kali dan bunda Anne berharap kehadirannya bisa memberikan banyak manfaat bagi para penyandang disabilitas yang ada di Makassar.
Pergelaran Tunggal Inspirasi Karya dan Cinta

Acara yang dinantikan pun tiba. Bertempat di ballroom Four Points by Sheraton Makassar,  bunda Anne mengadakan Pergelaran tunggal Inspirasi Karya dan Cinta pada tanggal 19 September 2017. Ini kali pertama saya menghadiri sebuah pertunjukan fashion dan langsung dari disainer ternama berkelas Anne Avantie. Senang banget deh!

Bela-belain jahit sendiri outer batik untuk dikenakan saat menghadiri fashion show.. Hehe
Berfoto dulu dengan para blogger cantik sebelum masuk menyaksikan pergelaran bunda Anne

MC yang bertugas mengawali acara malam itu adalah artis Indy Barends,  Indra Bekti dan Fashion stylist Caren Delano. Cara mereka berkomunikasi dengan pengunjung cukup menghilangkan rasa kantuk saya setelah lama menanti dimulainya acara. Dan tentunya pergelaran malam itu sangat mewah,  berkelas dan pantas banget untuk dinanti-nantikan.

Para MC yang juga memperagakan karya Bunda Anne *credit to Aisyah dan Pratiwi
Pic credit to teh Awie

Sebagian karya bunda Anne 

Walaupun saya ga menyaksikan show sampai selesai,  saya sudah cukup senang bisa berada di deretan pengunjung yang ingin menyaksikan pergelaran mewah tersebut.

Workshop ‘Cinta Dalam Sepotong Baju’

Seolah tak mengenal lelah, keesokan hari setelah pergelaran tunggalnya, bunda Anne kembali bertemu dengan kami dalam acara Workshop ‘Cinta Dalam Sepotong Baju’.

Selain mengajarkan tips cepat dan singkat dalam memakai kain,  bunda Anne berbagi kisah inpiratif tentang perjalanan karirnya. Selain itu,  beliau juga memberikan ilmu cara membangun sebuah personal branding dalam produk yang kita jual.

Yang saya tangkap banget dari sharingnya bunda Anne adalah: jauhkanlah penyakit hati seperti rasa dengki dan iri karena itu bisa menghalangi ide-ide kreatif kita dalam berkarya. Dan ada fakta menarik yang saya dapatkan saat workshop berlangsung. Bunda Anne ternyata ga pernah mengubah model rambutnya selama 20 tahun lho. Selama itu pula beliau ga pernah ke salon kecantikan. WOW!

Bunda Anne sedang sharing ilmu

Tips cara melilit kain yang simple, no ribet 😉

Semoga suksesnya bunda Anne nular ke saya yah.. Aamiin.. Hehe

Tanggal 24 September kemarin,  Pasar Tiban 10 resmi ditutup.  Tapi jangan kuatir,  masih ada kesempatan untuk memiliki karya bunda Anne karena mulai tanggal 25 September dan seterusnya, produk karya bunda Anne hadir di Melia Hotel lantai 6 (Merkado Restaurant) dengan konsep bernama ‘The Heritage by Anne Avantie)

Semoga suatu saat bisa bertemu kembali dengan sosok yang ramah,  Anne Avantie. Terima kasih bunda,  sudah hadir di Makassar membawa segala manfaat dan tentunya CINTA 🙂

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *