Baklave, Oleh-oleh Khas Makassar yang Kekinian

Hari yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Tanggal 9 kemarin merupakan acara Soft Opening toko Baklave, oleh-oleh khas Makasaar by Irfan Hakim dan kebetulan saya mendapat undangan untuk menghadiri acara tersebut. Sebenarnya saya dan suami sudah siap banget mulai dari jam 9 pagi tapi karena di rumah listrik tiba-tiba padam, jadilah kami berangkatnya agak siangan. Sepanjang perjalanan ke tokonya, saya sudah membayangkan enaknya kue Baklave yang sebelumnya sudah tersebar di timeline sosmed saya walau hanya berwujud gambar, hehe.

Ada satu kejadian lucu saat kami dalam perjalanan menuju toko Baklave Makassar. Saya dan suami hampir salah alamat. Hanya karena di halaman satu rumah banyak terdapat papan ucapan dan rangkaian bunga serta kursi tamu yang berjejer rapi, kami pikir itu adalah alamat yang kami tuju. Saat kami lebih mendekat, ternyata papan-papan yang berjejer adalah ucapan belasungkawa. Sedangkan toko baklave masih sekitar 10 meter di depan dan letaknya di sebelah kanan, bukan di sebelah kiri. Hampir kecele deh kita 😀

ini dia penampakan tokonya
Setelah hampir salah alamat akhirnya saya, suami dan Auf sampai juga di tokonya yang didekorasi dominan berwarna merah. Sayangnya inti acara sudah selesai dan tamu undangan sebagian besar sudah pada pulang. Tapi pembeli yang ingin mencicipi Baklave masih pada berdatangan lho. Di sana, saya bertemu dua orang teman blogger saya yaitu kak Lia dan Lina yang juga mendapatkan undangan.

Auf kebetulan mengenakan baju warna merah ala-ala deesscode ya, hihi

Selain soft opening toko, ternyata acara pagi tadi dirangkaikan dengan promosi serta perkenalan para pemain film Silariang, karya sineas Makassar yang akan tayang tanggal 2 Maret mendatang. Sayangnya saya ga sempat ketemu sama mereka karena datang terlambat, tapi untung bisa mendapat foto para pemain dari teman yang hadir pagi tadi. Baklave oleh-oleh khas Makassar merupakan official sponsor untuk film tersebut. Rencananya, toko Baklave Makassar akan menjadi tempat penjualan tiket film Silariang. Jadi kita bisa beli tiket sekalian kuenya nih.

Pic credit to mba awie

Setelah mengisi form registrasi, kami diberikan goodiebag berisikan kaos, sticker, dan satu satu buah produk Baklave. Saat masuk ke dalam tokonya, saya sempat bertanya-tanya, kok ga ada meja dan kursi khusus untuk pembeli ya, siapa tau kan ada yang mau menikmati Baklave di tokonya sambil kongkow bareng teman. Ternyata kata mbak Kika yang merupakan Asisten Manager Marketing Baklave Makassar, toko Baklave Makassar memang dibuat dengan konsep Takeaway, jadi Baklave hanya bisa dibeli untuk dibawa pulang dan dijadikan oleh-oleh khas Makassar bagi pembeli yang mungkin akan bepergian ke luar kota ataupun pembeli yang merupakan pengunjung dari kota lain. Tapi kalau buat saya sih sudah oke banget buat dimakan di rumah saja, hihi

Foto bareng Baklave dan Irfan Hakin, hihi
Saat itu, masih banyak pembeli yang mengantri untuk mendapatkan Baklave. Ada juga yang tidak membuang kesempatan mengabadikan moment selfie dengan produk Baklave di beberapa spot foto yang sudah disediakan lengkap dengan propertinya yang lucu-lucu. Saya, kak Lia, dan Lina ga mau ketinggalan dong foto-fotonya 🙈. Kemudian ada mbak cantik yang juga sedang berpose bersama Baklave, sepertinya sih pernah lihat di manaaa gitu. Setelah beliau memakai selempang bertuliskan ‘Duta Bandara’, baru ketahuan deh kalau beliau selebgram makasaar yang fotonya sempat wara-wiri di timeline Instagram saya beberapa waktu lalu 🙈

Mbak @halifaintania berpose dengan Baklave Nutty fruity

Cobaki’

Oh iya, saya berkesempatan mencoba dengan gratis Baklave varian Oreo Blast. Kak Lia dan Lina mendapat varian rasa Nutty Fruity, jadi kita bisa saling mencoba kue masing-masing, hehe. Mau tau rasanya? Hmmm..pokoknya enak! Saya bukan termasuk orang yang pandai mengungkapkan rasa lewat kata-kata, tapi rasa Baklave ini cukup unik menurut saya. Sebelumnya saya memang belum pernah mencoba Baklava asli yang merupakan makanan khas dari Turki. Baklava adalah makanan pencuci mulut dengan rasa yang manis dan terdiri dari pastry renyah berlapis-lapis (filo) yang biasanya diisi dengan kacang atau kismis.
Nah Baklave by Irfan Hakim ini sudah dimodifikasi dengan menambahkan lapisan bawah berupa cake lembut dengan rasa manis yang pas sesuai dengan lidah orang Indonesia. Dengan modifikasi dan berbagai pilihan varian yang ada, Baklave ini cocok banget deh jadi oleh-oleh khas Makassar. Jadi ga perlu jauh-jauh ke Turki ya untuk merasakan kue ini, hihi.

Irfan Hakim sendiri memilih membuka bisnis oleh-oleh khas Makassar karena beliau punya kenangan manis dengan kota Anging Mammiri ini. Jadi, kisah perjuangan cinta Irfan Hakim dengan sang istri Della Sabrina Indah Putri, berawal di Kota Makassar lho. Setiap Irfan berniat untuk bertemu Della, Irfan harus datang ke Makassar dan wajib lapor kepada Papa Della, Arief Budi Sampurno, yang pada waktu itu menjabat sebagai Pangdam VII Wirabuana. Akhirnya perjalanan panjang dengan Della menuju pernikahan berujung manis, semanis Baklave gitu lho 😀
Tekstur Baklave olah-oleh khas Makasar ini mirip perjuangan cinta Irfan dan della. Pastry khas Turki yang bernama filo, ditumpuk berlapis-lapis, menggambarkan lapisan impian dan harapan Irfan Hakim dalam menjalanakan kehidupan rumah tangga bersama Della. Sementara cotton cake yang lembut, menggambarkan kelembutan kasih sayang keduanya. Bermacam variasi isian seperti pisang, kacang, coklat, keju dan biskuit, menggambarkan betapa kaya momen dan romantisme yang Irfan dan Della alami. Semuanya berpadu renyah, manis, legit, lembut dalam satu gigitan dan memang itu terbukti banget saat saya mencoba gigitan pertama baklave oreo blast. Auf, anakku si balita yang doyan kue juga ga berhenti ngunyah lho. Dan dia paling suka pastry-nya yang dipenuhi taburan oreo 😍 bahkan dalam perjalanan pulang pun saya dan auf masih rebutan Baklave yang hanya tersisa satu slice.
Selain Oreo Blast, masih ada empat varian lain yang siap memanjakan lidah kita. Ada Nutty fluffy buat penggemar kacang-kacangan, Royal Chocolate yang menyuguhkan rasa coklat spesial racikan Chef Baklave Makasaar, Rich Cheese untuk para pencinta keju, dan Banana fluffy yang dibuat khusus untuk mengangkat buah pisang yang memang terkenal melimpah di kota Makasar ini. Soal harga, menurut saya sepadan kok dengan rasa yang kita dapatkan. Apalagi baklave Makasar sedang promo 10% dari harga normal Rp 65000 mulai tanggal 9-15 januari 2017 nanti. Setelah saya posting foto Baklave oreo di beberapa akun sosmed kemarin, banyak teman yang berkomentar dan menanyakan bagaimana rasanya. Katanya sih, tak kenal maka ta’aruf *eh 🙈 Nah, daripada penasaran mendingan datang langsung ke tokonya ya biar kenalan langsung sama Baklave Makasaar yang kekinian. Dijamin bakal langsung jatuh cinta deh.
Oreo blast! Ini enak, suer deh..
Baklave Royal Chocolate, pic credit to mba awie
Diakon 10% lho sampai tanggal 15 januari 2017
Kak Lia sampai bingung deh tuh milih di antara 5 varian rasa Baklave Makassar. Borong aja kak..borong 😄

Pak suami juga suka sama Baklave rasa Oreo Blast ini. Bulan depan suami akan kembali ke tempat kerjanya di Jakarta, dan berencana membeli Baklave varian lain sebagai oleh-oleh khas Makassar.

Baklave Makassar akan mengadakan Grand Opening hari Minggu tanggal 15 Januari nanti yang Insya Allah dihadiri langsung oleh Irfan Hakim dan pak Dhani Pomanto. Datang yuk ikut meramaikan sekaligus mencicipi Baklave, tentunya Irfan Hakim juga akan bagi-bagi hadiah lho untuk para pengunjung yang mengunggah foto-foto terbaiknya di akun sosial media.

Baklave Makassar
Jl. Sultan Hasanuddin no.31
Tlp: 0411-3623898 (7am-10pm)
IG: @baklavemakassar

Please follow and like us:

22 Replies to “Baklave, Oleh-oleh Khas Makassar yang Kekinian”

  1. Alfu, baca tulisan alfu kaya lagi di dongengin waktu kecil dulu. Bagus banget cara penuturannya, ringan tapi ceritanya lengkap banget cyiinn. Enak yaa baklave nya, jadi pengen datang lagi tanggal 15 besok ehemmm he he he

  2. Kalau pesen online belum tau bisa atau ga deh..tapi wajib dicoba emang..hihi..salam kenal balik mba, barusan bw ke blog mba langsung dapat artikel yh sesuai sama saya..hihi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *